147 Desa di Kabupaten Pati Siaga Kekeringan

Pati, Mitrapost.com – Musim kemarau tahun ini menurut badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) akan se-ekstrim musim kemarau tahun 2019. Dalam beberapa bulan ke depan, diperkirakan ratusan desa kehabisan air bersih dan memerlukan penanganan terpadu.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pati, Martinus Budi Prasetya menyebut, sepertiga wilayah Pati berpotensi dilanda kekeringan. Pemetaan awal yang dilakukan BPBD kawasan berpotensial mengalami kekeringan mencapai 147 desa yang tersebar di 9 kecamatan di Pati.

“Ini siklus alami setelah 3 tahun. setelah la nina di 2023 kita mengalami el nino diprediksi akan sama seperti 2019. Kita mengacu kajian risiko bencana yang kita miliki 147 desa waspada kekeringan di seluruh kabupaten pati hampir sepertiga wilayah di Pati kena karena kita ada 401 desa dan kelurahan,” papar Martinus saat ditemui Mitrapost.com di kantornya, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga :   Dewan Prihatin Kasus Kekerasan Seksual Terjadi Lagi di Pati

Untuk mengantisipasi kekurangan suplai air bersih, BPBD telah menyiapkan stok cadangan air untuk masyarakat yang membutuhkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati