Lakukan 6 Amalan Bulan Dzulhijjah dan Raih Keutamaannya

Dalam riwayat lain juga menyebutkan puasa sebagai ibadah yang dianjurkan dilakukan di bulan Dzulhijjah. Abu Qatadah radliallahu ‘anhu meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صيام يو م عر فة أ حتسب على الل أن يكفّر السنة لتي  قبله ، والسنة لتي ه بعد

Artinya: “…puasa hari arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa, pen.) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya,” (HR. Ahmad dan Muslim).

Dzikir, Takbir dan Tahlil

Selain berpuasa, amalan yang bisa dilakukan di bulan ini adalah dzikir, tahlil, takbir. Amalan ini bisa dibaca setiap selesai shalat fardhu atau di waktu lainnya.

Kemudian saat hendak melakukan perjalanan untuk sholat ied maka disunnahkan untuk membaca bacaan berikut ini.

“Allahu akbar, allahu akbar, laa ilaha ilallah, walllahu akbar, allahu akbar wa lillahil hamdu.”

Dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi Shalallahu alaihi wasalam bersabda, “Tidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan pada tanggal 1 – 10 dzulhijjah. Oleh karena itu perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu,” (HR. Ahmad).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati