Presiden Jokowi Sebut Indonesia Berpotensi Digugat China

Mitrapost.com – Indonesia berpotensi digugat oleh China di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO). Hal itu diungkapkan oleh Presiden Jokowi, mengingat adanya kebijakan larangan ekspor bijih bauksit RI.

Dengan adanya kebijakan tersebut, pasokan bahan baku China menjadi terganggu. Sebab selama ini China menjadi tujuan ekspor bijih bauksit terbesar di Indonesia.

“Ini bauksit nanti digugat lagi, bauksit stop, gugat lagi. Saya nggak tahu yang gugat dari Tiongkok mungkin, karena memang ekspor kita memang banyak ke sana,” jelas Jokowi dilansir dari CNBC Indonesia.

Meski begitu, pihaknya mengaku siap menghadapi konsekuensi tersebut.

“Digugat ya kita hadapi. Kita ini jangan kayak negara kecil gitu loh. Indonesia negara gede. Negara besar. Negara besar jangan digugat nyalinya langsung ciut, ngelindur. Nggak!,” ungkapnya.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Jelaskan Alasan Kepemimpinannya Banyak Bangun Jalan Tol

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Perjanjian Perdagangan Internasional, Bara Krishna Hasibuan menjelaskan jika hingga kini belum ada tanda-tanda China akan melayangkan gugatan di WTO.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati