Puluhan Hektar Padi di Tondomulyo Jakenan Terancam Gagal Panen

Pati, Mitrapost.com – Puluhan hektar tanaman padi milik petani Desa Tondomulyo Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terancam gagal panen akibat tidak tumbuh maksimal. Petani setempat menyebut padinya terkena stunting.

Fenomena ini menurut Sutrisno, Ketua Kelompok Tani Jaya Tondomulyo baru pertama kali dialami. Layaknya stunting yang terjadi pada manusia, padi yang terkena stunting tidak bisa mendapatkan tinggi yang optimal.

Ciri-ciri tersebut terlihat ketika sudah dua bulan masa tanam. Di usia tersebut Padi harusnya sudah siap mengeluarkan bunga, sayangnya tidak terjadi kepada sebagian padi di Tondomulyo.

“Padi sudah mulai merit atau meteng tapi tidak bisa jebol (mengeluarkan bunga). Tumbuhnya juga pendek, kelihatannya padi kami terkena stunting,” ujar Sutrisno, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga :   Gudang Milik Warga Ngemplak Kidul Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp30 Juta

Kondisi ini mengancam para petani tidak bisa memanen di Bulan ketiga.

“Bulan depan harusnya sudah panen. Kalau ketinggiannya harusnya sudah sampai pinggul, ini cuma sampai di dengkul,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati