Tips Menjaga Hubungan Pertemanan agar Tetap Langgeng

Mitrapost.com – Menjaga hubungan dengan orang terdekat sangat penting, termasuk dengan sahabat dan teman. Sulit untuk menemukan seseorang yang mengerti karakter dan perilaku kita. Hanya sahabat sejati yang rela berada di sisi kita saat membutuhkan dukungan emosional.

Memang tidak mudah menjalin hubungan yang nyata dan memelihara persahabatan. Terutama bagi kita yang sudah beranjak dewasa yang telah mengalami perubahan terkait cara bersosialisasi. Dari berbagai sumber, berikut beberapa tips untuk mempertahankan persahabatan yang langgeng.

Jadilah diri sendiri

Hal yang terpenting untuk menjaga hubungan persahabatan adalah menjadi diri sendiri di depan orang-orang yang Anda anggap sebagai sahabat. Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu dengan merek saat memiliki minat dan tujuan yang sama. Oleh sebab itu, jujur lah tentang diri Anda sendiri, tentang apa yang Anda pikirkan dan yang Anda sukai. Kejujuran akan membuat Anda lebih terbuka. Itu akan memunculkan kepercayaan satu sama lain yang akan mempererat hubungan persahabatan kalian.

Baca Juga :   Jawaban Chika tentang Hubungannya dengan Thariq

Mengambil langkah pertama

Mengembangkan persahabatan juga dapat dilakukan dengan mengambil langkah awal, seperti mengajak bertemu, mengajak bicara, dan bertanya tentang mereka. Jika Anda ingin mengenal seseorang lebih dalam, tanyakan apa minatnya. Kemudian, cari sesuatu kesamaannya dengan Anda. Itu bisa dijadikan peluang untuk mengajaknya melakukan hal bersama-sama. Jika dia menyukai kopi, maka ajak lah pergi ke kedai kopi favorit Anda atau yang belum pernah ia datangi.

Menjadi pendengar yang aktif

Jika Anda ingin seseorang bertahan lama dengan Anda, maka penting untuk menjadi pendengar aktif. Mendengarkan secara aktif berarti memberikan perhatian penuh pada percakapan, tidak menyela, dan memahami apa yang orang itu katakan. Selain itu, Anda juga bisa menanggapi mereka dengan gestur, seperti menganggukkan kepala atau memberikan pendapat jika ia meminta. Ini akan membuat orang tersebut merasa didengarkan, dipahami dan diberikan perhatian.

Baca Juga :   Makin Jelas, Kaesang Wari-wiri Bawa Nadya Arifta

Luangkan waktu untuk teman

Untuk memelihara hubungan dengan teman, luangkan waktu untuk teman-teman Anda. Caranya, buat jadwal kapan anda bisa bertemu atau menelepon mereka secara rutin. Bisa sekali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk tetap terhubung dengan mereka.

Jangan takut untuk terbuka

Untuk membangun persahabatan yang benar-benar langgeng, Anda perlu terbuka secara emosional. Ini bertujuan agar mereka juga mengenal Anda lebih dalam. Persahabatan dapat dibangun jika dilakukan interaksi dua arah. Interaksi satu arah akan membangun tembok diantara Anda dan sahabat Anda.