Fosil Gajah Purba dan Komodo Ditemukan di NTT

Mitrapost.com – Fosil gajah purba dan komodo ditemukan di wilayah Situs Mala Huma, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menemukan fosil tersebut karena survei berkala dan penggalian di lokasi situs purbakala dan prasejarah yang dilakukan Tim Pusat Survei Geologi.

“Para ahli Paleontologi di Badan Geologi secara berkala melakukan survei dan penggalian di lokasi tertentu berdasar riset, literatur dan informasi dari penduduk lokal. Saat ini hasil penggalian terbaru di wilayah Situs Mala Huma ditemukan gigi geraham Gajah dan rahang dari Komodo,” ujar Kepala Pusat Survei Geologi Hermansyah dilansir dari Bisnis.com.

Fosil yang ditemukan tersebut diperkirakan berusia ratusan ribu tahun lalu.

“Fosil-fosil tersebut diperkirakan mencapai usia ratusan ribu tahun yang lalu,” ujarnya.

Penemuan fosil tersebut adalah hasil pengembangan ilmu pengetahuan yang dilakukan sejak zaman Belanda. Sebelum dilakukan pengangkatan, terlebih dahulu akan dilakukan proses pelapisan tulang dengan perban yang dilapisi dengan gipsum. Hal itu agar tak terjadi kerusakan dalam proses pengangkatan dan pengangkutan ke Badan Geologi Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati