Mitos-mitos yang Masih Dipercaya Masyarakat Jawa

Mitrapost.com – Budaya Jawa erat kaitannya dengan mitos dan kepercayaan. Menurut KBBI Mitos merupakan cerita bangsa dewa dan pahlawan zaman dulu. Namun, secara umum mitos diartikan dengan cerita yang diyakini oleh orang-orang dari zaman dulu dan diturunkan secara turun-menurun.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa mitos jawa yang masih banyak dipercaya.

Kupu-kupu masuk rumah

Mitos pertama adalah kedatangan kupu-kupu dalam rumah dipercayai akaa ada kunjungan tamu. Sebagian orang percaya kupu-kupu berwarna cerah mendatangkan berita baik, sementara kupu-kupu warna gelap mendatangkan kemalangan.

Kenyataannya, kupu-kupu menyukai tempat yang terang dan hangat. Sehingga, sudah menjadi hal yang wajar jika kupu-kupu kerap masuk rumah yang berpenghuni.

Baca Juga :   10 Mitos Kesehatan yang Paling Dipercaya Terbongkar, Ini Faktanya

Burung gagak di atas rumah

Beberapa orang Jawa mempercayai bahwa kedatangan burung gagak hitam merupakan pertanda buruk, seperti bencana, kemalangan, sihir hingga kematian. Pada dasarnya, burung gagak seperti burung jenis lainnya yang terbang dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka merupakan makhluk yang cerdas dan mampu beradaptasi dengan perubahan dan lingkungan yang baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati