5 Kuliner Khas Kudus yang Wajib Anda Coba!

Mitrapost.com – Saat jalan-jalan ke kota Kudus, tak ada salahnya mencicipi beberapa makanan khas Kota Kretek tersebut. Selain menggugah selera, beberapa rekomendasi makanan berikut juga mudah ditemui dan ramah di kantong.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan khas Kudus.

Ayam Gongso

Ayam Gongso dibuat dengan bumbu kecap dan rempah-rempah lainnya. Makanan ini umumnya bercitarasa manis, gurih dan pedas. Ayam Gongso menjadi kuliner yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Kudus.

Lentog Tanjung

Makanan ini terbuat dari sayur gori atau Nangka muda, sayur lodeh tahu dan dipasangkan dengan potongan-potongan lontong. Nama lentog bisa bermakna lontong, sementara tanjong merupakan daerah asal makanan khas tersebut. Hidangan ini biasanya disajikan dengan daun pisang dan taburan rebusan cabai tanpa diiris.

Opor Sunggingan

Opor sunggingan dibuat berasal dari daging ayam. Masyarakat Kudus percaya bahwa makanan tersebut merupakan makanan favorit Sunan Kudus. Yang membedakan Opor Sunggungan Kudus dengan opor biasa adalah cara pengolahannya. Ayam diolah secara utuh, kemudian disuwir-suwir di dekat sajian nasi di atas piring yang dilapisi dengan daun pisang dan dituangkan kuahnya. Untuk menambah cita rasa, bisa ditambahkan tahu goreng,

Sate Kerbau

Sate kerbau menggunakan bumbu dari campuran kecap dan cabai rebus. Sate kerbau sendiri merupakan makanan yang berasal dari daging kerbau yang disajikan dengan bumbu kecap dan nasi secara terpisah. Bumbu sate tersebut memiliki citarasa yang agak manis dibandingkan bumbu sate pada umumnya.

Pindang Kerbau

Makanan khas Kudus ini memiliki bentuk seperti rawon. Warna hitam pekat berasal dari kluwak, sementara daging kerbau menjadi bahan utaman hidangan ini. Pindang kerbau biasanya disajikan saat hajatan, namun juga banyak dijual di warung-warung di Kudus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati