Cegah Mata Lelah dengan Tips Berikut

Mitrapost.com – Terlalu lama berkendara atau berada di depan layar membuat mata Anda rentan mengalami kelelahan. Kondisi ini memang dapat membaik dengan sendirinya dengan mengistirahatkan mata dari paparan sinar komputer. Namun, jika dibiarkan, mata lelah dapat menimbulkan gangguan yang lebih serius di masa mendatang

Beberapa gejala mata lelah dapat dirasakan seperti mata nyeri, perih, gatal, mata terasa kering, pandangan kabur dan berbayang, serta lebih sensitif terhadap cahaya hingga sulit berkonsentrasi. Dilansir dari Alodokter, berikut cara mencegah mata lelah.

Atur posisi layar komputer

Untuk mengurangi potensi mata lelah, coba untuk mengatur tingkat pencahayaan komputer atau gadget yang digunakan. Aktifkan mode eye protection atau kurangi kecerahannya. Selain itu, jaga jarak pandang yang aman antara layar dan mata, yaitu sekitar 50 hingga 66 cm.

Baca Juga :   Terlalu Lama di depan Komputer, Lakukan Senam Mata untuk Redakan Mata Lelah

Atur cahaya ruangan

Selain mengatur pencahayaan gadget, cahaya ruangan juga perlu disesuaikan. Upayakan agar cahaya ruangan tidak terlalu terang atau menyilaukan mata. Cahaya yang terlalu terang dapat meningkatkan paparan, sehingga mata Anda menjadi mudah lelah.

Istirahatkan mata secara berkala

Saat melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dalam waktu yang lebih panjang, seperti membaca buku, bekerja di depan komputer, mengendarai kendaraan dan lainnya, dianjurkan untuk mengambil waktu istirahat sejenak. Setidaknya, istirahatkan mata selama 20 detik.

Merawat mata

Merawat mata dapat dilakukan mulai dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Anda bisa mengompres mata dengan kain yang dibasahai air hangat. Selain itu, pakai obat tetes mata saat mata kering.