Budidaya Tanaman Sembung Hadirkan Nilai Ekonomi Bagi Petani di Desa Sidomulyo

Pati, Mitrapost.com – Tanaman herbal merupakan salah satu aspek kearifan lokal milik masyarakat Indonesia. Salah satunya yakni tanaman sembung yang saat ini sedang dibudidayakan oleh warga Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal.

Diketahui, tanaman sembung sangat cocok di kawasan tersebut. Lantaran, posisinya berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga tanaman dengan nama latin Blumea Balsamifera tumbuh liar di berbagai areal. Seperti di sawah, perkebunan, pematang sawah, bahkan di tepi tanaman tegak.

Warga Dukuh Gebang, Desa Sidomulyo yang membudidayakan tanaman sembung bernama Sunyoto memaparkan bahwa tanaman sembung membawa banyak keuntungan bagi petani. Bahkan, dengan adanya tanaman ini dimanfaatkan oleh warga Desa Sidomulyo untuk keperluan berbagai hal.

Baca Juga :   Tempat Angker Disiapkan untuk Warga Sidomulyo Boyolali yang Nekat Mudik

“Sembung ini tanaman liar yang kami budidayakan secara kontinu. Karena tanaman ini memiliki nilai ekonomis dan bermanfaat untuk kesehatan. Di Sudomulyo dan Jepalo menjadi wilayah yang membudidayakan tanaman ini,” katanya belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati