Kebanyakan Konsumsi Makanan Bersantan Bisa Memicu Diare

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati menyebutkan bahwa kebanyakan atau kelebihan mengonsumsi makanan yang mengandung santan bisa memicu diare.

Sebagaimana diketahui bersama, banyak hidangan makanan dari Indonesia yang mengandung santan yakni seperti opor, rendang, gulai, lodeh dan lainnya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, Aviani Tritanti Venusia mengatakan bahwa ketika memasuki waktu tertentu banyak orang yang tidak menjaga pola makan sehingga tidak bisa mengontrol asupannya.

“Waktu lebaran biasanya mulai muncul banyak yang mengalami diare, diare karena apa ya karena kakean mangan santen bukan karena apa apa tapi ya itu kebanyakan makan santen. Seperti makan opor, rendang, gulai, lodeh itukan bangak santannya,” sebut Aviani.

Baca Juga :   Bahaya di Balik Konsumsi Fast Food

“Dan terus pola makannya kan gak beraturan polanya jor-joran. Keluar dari puasa kan lebaran tu sana makan rene makan sana makan jadi gak kekontrol ya terus itu diare,” tambahnya.

Lebih lanjut, santan memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga cenderung sulit dicerna oleh lambung hingga bisa memicu penyakit diare.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati