Curhatan Petani yang Rugi Besar Kala Harga Tanaman Sembung Anjlok

Pati, Mitrapost.com – Harga tanaman sembung di Kabupaten Pati anjlok hingga di harga Rp9.000 per kilogram. Sebelumnya, harga tanaman sembung ini sempat menyentuh di harga Rp19.000 per kilogram.

Harga ini sangat dikeluhkan oleh warga kabupaten yang berjuluk Bumi Mina Tani yang kesehariannya berprofesi sebagai petani tanaman sembung. Mereka berhenti melakukan aktivitss budidaya tanaman herbal tersebut.

Sebagai informasi, sejak 2021 harga sembung terus mengalami penurunan. Pada 2022 harga menurun dari Rp19.000 per kilogram menjadi Rp17.000 per kilogram. Pada akhir 2022, harga tanaman sembung turun lagi menjadi Rp12.000 per kilogram. Dan pada tahun ini harganya hanya Rp9.000 per kilogram.

Menurut Ketua Kelompok Tani (Poktan) Tani Mulya Mandiri, Sunyoto, anjloknya harga tanaman sembung mengakibatkan warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Gununung yang budidaya mengalami rugi. Bahkan tanaman sembung yang mereka budidaya tidak bisa terjual ke PT Sidomuncul sejak 2022. Pasalnya, pihak perusahan lebih memilih produk sembung yang harganya lebih murah.