Kebakaran TPA Putri Cempo Surakarta, Pemerintah Upayakan Water Booming

Mitrapost.com – Kebakaran TPA Putri Cempo yang berlokasi di Mojosongo, Jebres, Surakarta menyebabkan puluhan keluarga terdampak asap.

Pemerintah pun berupaya melakukan pemdaman sejak api teridentifikasi pukul 11.30 WIB Sabtu (16/9/2023) lalu. Kebakaran diduga disebabkan oleh gas metan dari tumpukan sampah yang terpapar suhu panas.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana tengah mengupayakan untuk mengirim water booming. Pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kami sudah berkoordinasi dengan Kepala BNPB, untuk mempercepat pemadaman diharapkan adanya bantuan water booming. Dalam waktu dekat akan dikirim. Dampak pasti ada, makanya kami percepat untuk pemadaman,” ujarnya.

Dalam kunjungannya di lokasi TPA Putri Cempo bersama Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, diketahui lokasi yang terbakar berada di Blok B yang memiliki luas sekitar 2 hektare. Sedangkan TPA itu sendiri memiliki total luas 17 hektare yang terdiri atas beberapa blok.