Asal Usul Sumber Air di Waduk Gembong

Pati, Mitrapost.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Waduk Gembong mengungkapkan asal usul sumber air yang berada di Waduk Gembong Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati.

Melalui Ketua Pokdarwis Waduk Gembong, Mohammad Choirul Umam bercerita bahwa sumber air di Waduk Gembong berasal dari waduk bangunan Belanda yang berasal dari Desa Bageng kemudian turun ke Waduk Seloromo atau Waduk Gembong tersebut.

Dimana sekitar waduk bangunan Belanda bagian atas memiliki pepohonan yang sangat banyak. Sehingga bisa dikatakan ketika pohon bagian atas gunung banyak, maka sumber air di Waduk Gembong juga banyak.

“Jadi gini, sumber banyu waduk iku tadi (waduk Deso Banggeng) mudun ke Waduk Seloromo atau Waduk Gembong. Sehingga banyu itu kan dari pohon-pohon tadi ya, jadi nek pohonya selot banyak berarti banyune selot akih,” ungkap Umam.

Baca Juga :   Waduk Gembong Kerap Dijadikan Sumber Mata Pencarian Masyarakat Setempat

Berbeda, jika debit air di Waduk Gembong tinggi yakni disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga tertampung di Waduk Gembong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati