Berikut Ciri People Pleaser, Orang yang Sulit Mengatakan ‘Tidak’

Mitrapost.com – Kebanyakan orang ingin merasa disenangi dan dihargai, terutama dalam berinteraksi dengan orang lain. Hal ini karena manusia adalah makhluk sosial, sehingga mereka ingin menjadi bagian dari kelompok. Maka, tak jarang orang akan menyesuaikan perilakunya untuk diterima dari bagian kelompok tersebut.

Selain itu, altruisme merupakan keinginan untuk membantu orang lain, yang menjadi ciri umum manusia. Namun, ada yang membedakan perilaku ini dengan people pleaser. People pleaser mengalami kesulitan untuk menolak memberikan bantuan. Mereka memiliki dorongan kuat untuk menyenangkan orang lain, bahkan mungkin menutupi perasaan sendiri yang sebenarnya tidak ingin karena merasa terlalu memberikan banyak bantuan.

Dilansir dari Medical News Today, tanda-tanda people pleaser dapat diketahui sebagai berikut;

  • Merasa sulit untuk mengatakan ‘tidak’ pada permintaan.
  • Melakukan pekerjaan ekstra untuk orang lain, meskipun mereka tidak punya waktu.
  • Sering kali terlalu berkomitmen pada rencana, tanggung jawab, atau proyek.
  • Sering mengatakan hal yang berlawanan pada apa yang dirasakan, misal mengakatan ‘tidak apa-apa’ padahal sebenarnya tidak.
  • Menghindari perselisihan, sehingga sulit menyuarakan pendapatnya secara jujur.

Selain itu, mereka juga cenderung merasa harus memiliki sikap ramah, baik, atau ceria setiap saat. Mereka ditekankan untuk selalu berkomitmen, meski terkadang merasa frustasi dan gelisah. Orang yang people pleaser biasanya merasa keinginan dan kebutuhan mereka tidak penting dibandingkan dnegan orang lain, sehingga tidak pernah punya waktu untuk diri mereka sendiri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati