Orang Tua, Hindari Mengatakan Kalimat Berikut pada Anak

Mitrapost.com – Ucapan orang tua dapat memengaruhi psikologis anak. Komunikasi yang dibangun dengan baik memunculkan sifat positif dan meningkatkan kepercayaan diri anak saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Sebaliknya, komunikasi yang tidak dibangun dengan baik membuat hubungan menjadi tidak akur, bahkan anak cenderung menutup diri. Pakar parenting yang menulis buku The Self-Driven Child mengungkap beberapa ucapan yang dapat memperburuk komunikasi antara orang tua dan anak.

“Jika kamu tidak bekerja keras, kamu akan menyesalinya”

Menanamkan rasa takut merupakan cara paling tidak dianjurkan untuk meningkatkan motivasi anak. Hal ini dapat memicu stres karena mereka seolah harus selalu mencapai hal yang terbaik jika tidak ingin gagal dan menyesal. Selain itu, frasa ini diluar konteks pemahaman anak-anak, karena mereka belum mampu berpikir ke depan seperti orang dewasa.

Orang tua lebih baik memberikan dorongan, seperti “Kamu belum menguasai matematika, namun kamu bisa menjadi lebih baik,” atau “Saya senang kamu berusaha dalam sepak bola, tapi saya yakin kamu juga bisa belajar sama baiknya di pelajaran fisika.”

“Tugas orang tua menjagamu tetap aman”

Sering kali orang tua mengkhawatirkan anak-anaknya saat mereka mulai tumbuh dan bersekolah. Namun, bukan berarti mereka harus selalu bersama dan melacak setiap gerakan anak-anaknya dan melarang anak melakukan hal-hal yang menarik perhatiannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati