Apakah Kadal Berbahaya? Berikut Cara mengusirnya

Mitrapost.com – Kadal merupakan salah satu hewan amfibi dan berdarah dingin. Hewan ini sejenis reptil yang biasanya memiliki ukuran relatif kecil, namun lebih besar dari cicak. Kadal mungkin sering Anda temui di area taman di sekitar rumah.

Meski disebut tidak berbahaya, apakah kadal aman berkeliaran di sekitar rumah Anda?

Pada dasarnya, setiap hewan, termasuk kadal memiliki mekanisme pertahanan. Salah satunya dengan menggigit untuk melindungi diri dari predator, termasuk manusia.

Dilansir dari AnimalWised, gigitan kadal kecil dalam banyak kasus kemungkinan besar tidak menimbulkan bahaya. Meski demikian, kita harus selalu berhati-hati terhadap infeksi jika menimbulkan luka. Jadi, walau gigitannya tidak beracun, namun dapat menimbulkan rasa sakit.

Mereka juga sering memberi peringatan sebelum menggigit, seperti membuka mulut dan mendesis sebagai sinyal agar predator menjauh.

Apakah kadal beracun?

Kadal biasa memang tidak beracun, tetapi ada penelitian yang telah mengidentifikasi bahwa spesies kadal beracun, termasuk dalam genus Heloderma, seperti Gila Monster yang hidup di Meksiko utara dan Amerika Serikat bagian barat daya. Namun, hewan ini bergerak sangat lambat dan tidak agresif.

Apakah kadal membawa penyakit?

Kadal merupakan hewan yang dapat membawa bakteri berbahaya seperti salmonella. Hal ini ditularkan melalui kotoran dan urin mereka dan dapat menyebabkan penyakit serius. Gejalanya adalah diare parah, kram perut, demam, dan muntah-muntah. Bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh lemah, penyakit ini bisa berakibat fatal.

Bagaimana cara mengusirnya?

Cara yang cukup ampuh untuk menjauhkan kadal dari rumah adalah dengan bawang putih. Caranya, tempatkan beberapa bawang putih di sudut-sudut rumah Anda, seperti sekitar pintu masuk rumah. Kadal tidak tahan dengan bau bawang putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati