Musim Kemarau Debit Air Waduk Seloromo Gembong Menyusut, Hanya Tersisa 2 Juta Meter Kubik

Pati, Mitrapost.com – Musim kemarau yang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Pati, setidaknya juga berdampak langsung pada penurunan debit air di Waduk Seloromo, Kecamatan Gembong Kabupaten Pati.

Berdasarkan pernyataan dari Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Pati, Sudarno mengungkapkan saat ini volume air yang tersedia di Waduk Seloromo hanya tersisa 2 Juta Meter Kubik saja.

Sementara itu, saat musim penghujan Waduk tersebut mampu menampung debit air hingga total 9 juta meter kubik.

“Untuk saat ini ya waduk gembong, Seloromo itu saat ini berkisar 2 juta meter kubik, dari jumlah total 9 juta meter kubik saat musim penghujan,” ungkapnya saat dikonfirmasi pada Kamis, (12/10/2023).

Baca Juga :   37,7 Persen Wilayah di Indonesia Masuki Musim Kemarau

Meski penurunan debit air sangat drastis, Pihaknya masih melakukan buka tutup pintu air waduk untuk mengairi aliran sungai yang difungsikan untuk mengairi lahan pertanian di Pati. Dimana beberapa kecamatan yang mampu mendapatkan dampak atas pembukaan pintu waduk tersebut, yakni lahan pertanian di Kecamatan Gembong, Margorejo dan juga Kecamatan Tlogowungu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati