37,7 Persen Wilayah di Indonesia Masuki Musim Kemarau

Mitrapost.com – Sebanyak 37,7 persen wilayah di Indonesia telah memasuki musim kemarau, berdasarkan laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Berdasarkan keterangan dari BMKG, hingga kini masih terdapat satu daerah yang tidak mengalami hujan selama lebih dari dua bulan.

“Saat ini sekitar 37,7 persen dari jumlah ZOM (Zona Musim) yang ada di Indonesia mengalami musim kemarau dan satu daerah tidak mengalami hujan lebih dari 2 bulan. Waspada dampak kurang hujan,” demikian tulis BMKG dalam keterangannya, Senin (4/7/2022).

BMKG juga telah melakukan monitoring di 3.707 pos pengamatan hujan. Terdapat satu wilayah yang mengalami kemarau paling ekstrem.

Kemudian satu wilayah mengalami kemarau sangat panjang, serta kemarau panjang terjadi di 15 wilayah di Indonesia.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Minggu 8 Agustus 2021

Berikutnya, kemarau menengah ada di 167 lokasi, kemarau pendek 190 lokasi, kemarau sangat pendek ada di 2.087 lokasi, dan wilayah yang masih ada hujan sebanyak 1.246 lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati