Apakah Hari Pahlawan 10 November 2023 Ditetapkan Sebagai Libur Nasional?

Mitrapost.com – Hari Pahlawan jatuh pada tanggal 10 November setiap tahunnya. Hari istimewa ini diperingati untuk mengenang jasa para pahlawan yang rela berkorban untuk melawan penjajah dan memerdekakan Tanah Air Indonesia.

Sesuai dengan laman Kementerian Sosial Indonesia, tahun ini hari pahlawan memiliki tagline, Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan’.

Seperti slogan yang diserukan tersebut, sebaiknya peringatan ini dijadikan sebagai momen untuk menambah wawasan dengan melakukan berbagai aktivitas bermanfaat, seperti mengikuti lomba edukatif, membaca buku-buku sejarah dan mengikuti upacara di instansi pemerintahan dan lembaga pendidikan.

Meski diperingati setiap tahunnya, tanggal 10 November 2023 yang bertepatan di hari Jumat bukan merupakan hari libur nasional. Penentuan ini berdasarkan peraturan pemerintah lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri yakni Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB).