Benarkah Konsumsi Banyak Wortel Bisa Membuat Kulit Jadi Oranye?

Mitrapost.com – Wortel merupakan salah satu jenis sayur yang memiliki beragam manfaat, terutama bagi mata. Ini karena kandungan beta karoten yang tersedia di dalam sayuran berwarna oranye tersebut.

Namun, benarkah banyak mengonsumsi wortel bisa membuat kulit menjadi oranye?

Dilansir dari Claveland Clinic, dokter kulit Melissa Piliang, MD, menyebut karotenemia disebabkan oleh terlalu banyak beta-karoten dalam darah Anda. Meski demikian, ia mengatakan bahwa karotenemia sangat jarang terjadi. Beta-karoten merupakan pigmen yang ada pada buah dan sayuran tertentu, utamanya mereka yang berwarna merah, oranye, dan kuning, termasuk wortel.

“Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung beta-karoten dapat mengubah warna kulit Anda menjadi oranye,” jelas Dr. Piliang.

Baca Juga :   Batuk Berkepanjangan, Berikut Kenali Penyebabnya

Perlu diingat bahwa karotenemia biasanya disebabkan oleh pola makan yang ketat atau karena mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah besar. Jenis pola makan seperti ini dapat membuat Anda berisiko mendapatkan terlalu banyak atau terlalu sedikit nutrisi tertentu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati