Tahun 2023 Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan Belum Capai Terget

Pati, Mitrapost.com – Tahun 2023 pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (PMBLB) di Kabupaten Pati belum ada tanda-tanda mencapai target.

Diketahui, pencapaian pajak PMBLB menjadi yang terendah karena target yang dibebankan oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pati sangat kecil.

Selain itu, Mineral Bukan Logam dan Batuan (MBLB) di Kabupaten Pati yang mendapatkan izin hanya beberapa. Bahkan ada yang tidak memperpanjang pajak MBLB di tahun 2023 ini.

Keterangan ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan BPKAD Pati, Zabidi. Ia mengatakan bahwasaannya pencapaian PMBLB pada tahun 2023 hanya di angka Rp108.933.000.

“Sampai saat ini pencapaian pajak terendah itu di Pajak Mineral Bukan Logam dan Batuan (PMBLB), yang tambang itu lo. Karena apa, targetnya yang sangat kecil, dan yang mendapat ijin dari provinsi tinggal beberapa. Bahkan ada yang tidak diperpanjang. Target yang dibebankan itu sebesar Rp175 juta dan sudah terealisasi 62,25 persen,” ungkap Zabidi.