Nyeri Saat Buang Air Kecil? Berikut Metode Rumahan Mengatasi Anyang-anyangan

Mitrapost com – Nyeri buang air kecil atau anyang-anyangan (disuria) bisa terjadi karena berbagai sebab. Sering menahan air kecil dapat memengaruhi kandung kemih, sehingga bisa membuat seseorang merasa nyeri saat buang air kecil atau hanya mengeluarkan urin sedikit-sedikit.

Keluhan nyeri saat buang air kecil juga bisa muncul setelah menjalani suatu prosedur medis, seperti sunat, pemasangan kateter, atau operasi pada saluran kemih. Gejalanya, sering membuat Anda merasa seperti perlu sering buang air kecil.

Meski demikian, sejumlah cara rumahan sebenarnya bisa meredakan mengatasi keluhan ini. Dilansir dari Alodokter, berikut tipsnya.

Hindari menahan buang air kecil

Meski hanya mengeluarkan urin sedikit, tetap buang air kecil saat Anda merasakan dorongan tersebut. Jika ditahan, bakteri justru lebih mudah berkembang biak.

Baca Juga :   Perhatikan Beberapa Hal Berikut Sebelum Membeli Pasta Gigi!

Perbanyak minum air putih

Ini salah satu rekomendasi umum saat mengalami keluhan anyang-anyangan. Selain mencegah dehidrasi, banyak minum air putih juga bisa membuat Anda lebih banyak buang air kecil, sehingga bakteri bisa langsung dikeluarkan melalui urin.

Kompres hangat

Kompres hangat di bagian perut bawah juga dapat meringankan anyang-anyangan. Celup handuk pada air hangat, lalu tempelkan pada area perut. Biarkan selama 15 menit, lalu lakukan sebanyak 3-4 kali sehari.

Hindari makanan dan minuman tertentu

Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan cokelat, makanan pedas dan asam saat anyang-anyangan. Hal ini karena jenis makanan dan minuman tersebut dapat mengiritasi saluran kemih.

Baca Juga :   Kulit Berjerawat? Coba Produk Skincare dengan Kandungan Berikut Ini

Gunakan pakaian longgar

Bakteri dapat berkembang di area yang hangat dan lembab. Oleg sebab itu, sebisa mungkin hindari menggunakan pakaian, khususnya celana luar dan dalam yang ketat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati