Sah! Suhartoyo Gantikan Anwar Usman sebagai Ketua MK

Mitrapost.com – Suhartoyo telah sah menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) menggantikan Anwar Usman yang telah dicopot dari jabatannya karena pelanggaran etik berat.

Suhartoyo pun telah membacakan sumpah sebagai ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Pengucapan sumpah itu digelar di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2023).

Perlu diketahui sebelumnya, pemilihan Hartoyo sebagai Ketua MK dilakukan secara musyawarah mufakat dalam Rapat Pleno Hakim (RPH).

“Menyepakati bahwa ketua Mahkamah Konstitusi terpilih adalah Yang Mulia Bapak Dr Suhartoyo dan insyaAllah hari Senin akan diambil sumpahnya di ruangan ini,” kata Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Sidang pengucapan sumpah dipimpin oleh Wakil Ketua MK Saldi Isra.

Baca Juga :   Ketua Majelis Kehormatan MK Sebut Mahkamah Konstitusi Dalam Kondisi Terpuruk

“Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada nusa dan bangsa,”ujar Suhartoyo membacakan sumpah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati