Vaksin Cacar Monyet Terbatas, Ini Upaya Dinkes Pati

Pati, Mitrapost.com – Vaksin cacar monyet (monkeypox) saat ini sudah tersedia di Indonesia. Akan tetapi, jumlah vaksin tersebut hanya terbatas.

Diketahui jumlah vaksin monkeypox hanya berjumlah 500 orang se-Indonesia. Sehingga ketika masyarakat hendak mengusulkan vaksin tersebut tidak menjamin akan dikabulkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dalam hal ini, yang akan mendapatkan akses pemberian vaksin monkeypox yakni lebih dipriorotaskan kepada kelompok rentan. Pasalnya kelompok rentan lebih mudah terkena monkeypox. Utamanya bisa memicu kematian.

Keterangan ini dijelaskan oleh Plt Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati, dr Joko Leksono Widodo. Pihaknya mengatakan, meskipun bisa memicu kematian, akan tetapi masih dikategorikan ringan dan presentasi kecil.

Baca Juga :   Bikin Geger, VCS Oknum DPRD Bersama Wanita Tersebar

“Sangat berbahaya bagi masyarakat yang rentan. Rentan di sini seperti punya komorbid, anak-anak yang imun-ya kurang baik, yang terkena HIV karena terjadi luka pada saat hubungan. Dan vaksin monkeypox itu sudah ada, tetapi terbatas. Hanya 500 orang se-Indonesia. Kalaupun kita mengambil ke Kemenkes tidak bakal di ACC karna vaksinnya terbatas. Kemaren hanya wilayah DKI Jakarta yang mendapatkannya,” ungkap dr. Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati