6 Dampak Kesehatan Akibat Terlalu Banyak Minum Minuman Manis Kekinian

Mitrapost.com – Berbagai jenis minuman kekinian yang marak dijual akhir-akhir ini memberikan kesegaran, tapi juga asupan gula tinggi bagi tubuh.

Meski gula dibutuhkan sebagai sumber energi, namun kelebihan mengonsumsinya juga dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan. Apalagi, jika tidak diimbangi dengan pola makan sehat dan olahraga yang teratur.

Dilansir dari Healthline, berikut risiko dari kebiasaan minum minuman berpemanis buatan setiap hari.

Menambah berat badan

Minuman berpemanis mengandung fruktosa. Senyawa ini meningkatkan rasa lapar dan keinginan akan makanan lebih banyak gula.

Selain itu, penelitian pada hewan menunjukkan bahwa konsumsi fruktosa berlebihan dapat menyebabkan resistensi terhadap leptin, hormon penting yang mengatur rasa lapar dan sinyal otak untuk menghentikan makan. Hal ini menyebabkan Anda menginginkan makan lebih banyak gula dan kalori, sehingga memicu peningkatan berat badan.

Baca Juga :   Cocok Bagi Penderita Diabetes, Berikut 5 Buah Indeks Glikemik Rendah

Tingkatkan risiko penyakit kronis

Pola makan tinggi gula telah dikaitkan dengan peningkatan risiko banyak penyakit, termasuk penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati