Berikut 4 Bulan Baik untuk Menikah Menurut Penanggalan Jawa

Mitrapost.com – Masyarakat Jawa kental akan tradisi dan kepercayaan terhadap nenek moyang. Sehingga, setiap perilaku didasarkan kepada norma dan adat yang dipercayai. Termasuk, dalam melakukan gelaran atau acara sakral tertentu, seperti pernikahan.

Penikahan orang Jawa sering mengikuti penanggalan Jawa. Umumnya, penanggalan Jawa ini digunakan untuk menentukan hari baik pernikahan. Beberapa bulan dianggap baik karena dipercaya dapat membawa keberkahan bagi calon pengantin.

Dikutip dari Detik yang melansir Jurnal Paradigma Universitas Negeri Surabaya,  kalender atau penanggalan Jawa adalah penanda waktu yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat Jawa. Penanggalan Jawa memiliki beberapa unsur, seperti nama hari, nama bulan, dan nama tahun beserta dengan neptunya.

Neptu sendiri merupakan jumlah angka untuk menghitung hari baik atau buruk.

Baca Juga :   Mitos Pantangan Saat Menstruasi

Dilansir dari laman yang sama, berikut daftar bulan baik untuk menikah.

Jumadilakir

Jumadilakir merupakan bulan keenam dalam penanggalan Jawa. Banyak masyarakat Jawa percaya menikah di Jumadilakir akan mendatangkan limpahan rezeki. Meski demikian, di antara bulan tersebut, terdapat beberapa hari dan tanggal yang dianggap tidak baik untuk melangsungkan pernikahan, seperti hari Jumat dan hari angker yakni Rabu dan Kamis. Sementara itu, hari sial di Selasa Legi. Ada pun tanggal yang sebaiknya dihindari yakni tanggal 10 dan 14, 18, 10 dan 14

Rejeb

Rejeb merupakan bulan ketujuh dalam penanggalan Jawa. Dikatakan sebagai bulan baik karena dipercaya akan membawa keselamatan bagi anak dan kedua pengantin. Meski demikian, di antara bulan tersebut, terdapat beberapa hari dan tanggal yang dianggap tidak baik untuk melangsungkan pernikahan, seperti hari Jumat dan hari angker yakni Rabu dan Kamis. Sementara itu, hari sial di Rabu Pahing. Ada pun tanggal yang sebaiknya dihindari yakni tanggal 2 dan 14, 18, 13 dan 27.

Baca Juga :   Mitos Seputar Diabetes yang Perlu Diketahui

Ruwah

Ruwah merupakan bulan kedelapan dalam penanggalan Jawa. Dikatakan sebagai bulan baik karena dipercaya akan membawa kedamaian bagi kedua pengantin. Meski demikian, di antara bulan tersebut, terdapat beberapa hari dan tanggal yang dianggap tidak baik untuk melangsungkan pernikahan, seperti hari Jumat dan hari angker yakni Rabu dan Kamis. Sementara itu, hari sial di Kamis Pon. Ada pun tanggal yang sebaiknya dihindari yakni tanggal 12 dan 13, 26, 4 dan 28.

Besar

Besar adalah bulan keduabelas dalam penanggalan Jawa. Pengantin yang melangsungkan pernikahan di bulan ini dipercaya akan mendapatkan kekayaan dan kebahagiaan dalam berkeluarga. Meski demikian, di antara bulan tersebut, terdapat beberapa hari dan tanggal yang dianggap tidak baik untuk melangsungkan pernikahan, seperti hari Senin dan Selasa, sementara hari angker yakni Sabtu dan Minggu. Sementara itu, hari sial di Selasa Legi. Ada pun tanggal yang sebaiknya dihindari yakni tanggal 25, 6, dan 20. (*)

Baca Juga :   Alih-Alih untuk Menjaga Diri, Khodam dapat Mengganggu Anak Turunnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati