Makhluk Mitologi yang Populer di Jawa

Mitrapost.com – Masyarakat Indonesia lekat dengan kepercayaan mitos dari nenek moyang hingga makhluk-makhluk gaib. Beberapa makhluk tersebut bahkan populer dan menciptakan cerita berbagai versi yang disampaikan secara turun-temurun.

Seiring zaman, makhluk-makhluk itu dipercayai sebagai mitologi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sendiri, mitologi berhubungan dengan ilmu yang mengandung konsepsi dan dongeng mengenai dewa maupun makhluk halus dalam kebudayaan masyarakat sekitar.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa makhluk mitologi yang terkenal di antara masyarakat Jawa.

Babi ngepet

Babi ngepet merupakan makhluk mitologi berupa siluman babi. Mereka disebut menghuni pegunungan dan timbul dari kepercayaan masyarakat agraris. Mitologi ini juga sering dihubungkan dengan pesugihan. Mereka yang percaya menggunakan makhluk ini untuk memperkaya diri maupun melancarkan bisnis.

Baca Juga :   Awal Mula Penyebaran Kristen di Tanah Jawa

Kanjeng ratu kidul

Kanjeng ratu kidul digambarkan sebagai wanita cantik yang menguasai Pantai Laut Selatan. Ia memiliki patih yang dipercayai, yakni Nyi Roro Kidul. Kanjeng ratu kidul dipercayai sebagai keturunan dewa-dewi, serta memiliki kemampuan untuk menguasai ombak di Samudra Hindia. Ia disebut bisa berubah wujud sebagai orang biasa dan memberi tahu peristiwa penting di masa mendatang.

Onggo-inggi

Onggo-inggi dipercayai sebagai mitologi dari Kota Sola dan Bojonegoro. Makhluk ini digambarkan sebagai hantu dan siluman jahat yang berwujud kepala tanpa badan. Makhluk ini merupakan penghuni Sungai Bengawan Solo. Menurut mitos, anak-anak dilarang bermain di sepanjang aliran sungai, karena Onggo-inggi akan memangsa mereka. Makhluk ini disebut takut dengan kain kafan dan kemenyan.

Baca Juga :   Bintitan Bukan Karena Sering Mengintip, Berikut Penyebabnya

Sang hyang antaboga

Makhluk ini digambarkan seperti ular raksasa. Selain di Jawa, makhluk ini juga terkenal di kebudayaan Bali. Pada kisah pewayangan, Antaboga digambarkan hidup di tempat bernama Saptapralata atau tujuh lapis bumi yang berada di dalam tanah. Ia juga memiliki istri bernama Dewi Supreti yang juga berwujud naga. Menurut kisah yang beredar, makhluk ini memiliki kemampuan supranatural yaitu dapat menghidupkan orang mati karena ia memiliki Air Suci Tirta Amerta.

Jailangkung

Jailangkung merupakan makhluk mitologi yang didasarkan pada kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa, Cay Lan Gong. Dalam kepercayaan China, makhluk itu merujuk pada Dewa Keranjang atau Cay Lan Tse yang artinya dewa pelindung anak-anak.