Bencana Alam Kerap Terjadi di Pegunungan Kendeng, Lahan Krisis Dinilai Jadi Penyebabnya

Begitu juga dengan sebaliknya, ketika musim penghujan datang akan mengalami bencana banjir. Dengan begitu, jika tidak ada penanganan seperti penghijauan maupun reboisasi bencana di Pati akan terus terjadi bahkan lebih parah dibandingkan ini.

“Makannya itu, hujan yang terjadi di Pati itu hanya sebentar. Kalau kita lihat, di musim kemarau kemarin kita, seluruh masyarakat akan disibukkan dengan adanya kekeringan di sana dan di sini. Terus juga kekurangan air, khususnya untuk konsumsi kebutuhan sehari-hari. Ketika musim hujan kita disibukkan dengan bencana banjir, tanah longsor kan nanti bakal dimana-mana ya,” imbuh dia.

Lebih lanjut, pihaknya juga menghubungkan terjadinya pemanasan global menyebabkan es di kutub utara mencair. Hal itu merupakan efek dari berkurangnya kawasan hijau di wilayah pegunungan.

Baca Juga :   Lahan Kritis, Pegunungan Kendeng Akan Dilakukan Revegetasi Serentak

Ia berharap masyarakat bersama stakehokder lainnya dapat terus bersinergi melakukan rebosisasi dan tidak diperbolehkan menebang pohon sekaligus membuang sampah secara sembarangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati