Bencana Alam Kerap Terjadi di Pegunungan Kendeng, Lahan Krisis Dinilai Jadi Penyebabnya

Pati, Mitrapost.com – Berbagai bencana alam kerap terjadi di Kabupaten Pati utamanya di lingkup Pegunungan Kendeng. Hal ini terbukti dengan adanya bencana banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Sukolilo dan Tambakromo.

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 2 Provinsi Jawa Tengah, Harnawa menilai bencana alam yang terjadi di Kabupaten Pati tidak lepas dari semakin bertambahnya lahan krisis di Pegunungan Kendeng.

Menurutnya, penanaman maupun reboisasi di wilayah Pegunungan Kendeng tidak bisa ditunda dan wajib harus dilakukan terus menerus.

“Jadi begini ya, kalau kita pantau dan terus kita lihat bencana saat ini yang sering terjadi, memang masalah penanaman hal yang wajib dan tidak bisa ditunda. Karena, bencana alam kita ini, saat ini sebagian besar terutamanya karena apa, ya karena hilangnya lahan di tutupan lahan tersebut,” jelasnya.

Baca Juga :   Lahan Kritis, Pegunungan Kendeng Akan Dilakukan Revegetasi Serentak

Selain itu, akibat dari bertambahnya lahan krisis di wilayah Pegunungan Kendeng mengakibatkan beberapa desa mengalami kekeringan saat musim kemarau panjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati