Mengapa Masyarakat Jawa Percaya Hal Mistis?

Mitrapost.com – Masyarakat Jawa lekat dengan kepercayaan yang bersifat mistis dan berkaitan dengan makhluk-makhluk halus, seperti mitos babi ngepet, genderuwo, wewe gombel dan lain-lainnya. Atas kepercayaan yang kuat itu, banyak kisah sinetron maupun film yang mengadaptasi makhluk-makhluk mistis tersebut.

Meski tidak dapat diterima secara logis, kepercayaan terhadap hal-hal mistis itu bersifat turun-temurun dan diceritakan hingga anak-cucu mereka. Dengan demikian, sebaran kisah-kisah dari mulut ke mulut menjadi dasar mengapa banyak orang Indonesia, terutama di Jawa mempercayai hal-hal mistis.

Mengapa masyarakat jawa percaya hal-hal mistis?

Dilansir dari CNN Indonesia, Guru Besar Antropologi Budaya Universitas Gadjah Mada Heddy Shri Ahimsa-Putra mengatakan bahwa masyarakat masih terpaku pada pola pikir yang menilai beragam hal magis seperti sihir, santet, hingga babi ngepet adalah cara cepat menyelesaikan masalah.

Baca Juga :   5 Mitos Tentang Hujan di Berbagai Penjuru Dunia

“Yang jelas itu ada buktinya. Intinya pola pikir seperti itu menyelesaikan masalah. Misalnya saya pengin kaya, kemudian saya datang ke dukun dan saya jadi kaya. Itu kan bukti kalau pola pikir dukun itu benar,” kata Heddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati