Manfaat Lidah Buaya bagi Kecantikan Kulit

Mitrapost.com – Lidah buaya mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit wajah. Beberapa nutrisi yang terkandung diantaranya adalah vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan.

Selain kandungan vitamin, lidah buaya juga mengandung air, asam amini, glukomanan, lipid dan sterol. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

Melembabkan kulit

Kandungan mineral, enzim, antioksidan dan vitamin yang kaya di dalamnya menjadikan tanaman tersebut menjadi pelembab alami kulit wajah. Kandungan-kandungan tersebut bekerja dengan menyerap minyak berlebih di wajah. Lidah buaya juga meningkatkan kemampuan untuk melembabkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati.

Mencerahkan wajah

Lidah buaya dapat mencerahkan kulit wajah karena kandungan nutrisinya. Vitamin dan mineral di dalamnya dapat menyeimbangkan pH kulit dan menurunkan pigmentasinya. Wajah yang kusam dapat dipicu oleh beberapa faktor, seperti genetika, stres, dan paparan sinar matahari.

Baca Juga :   Hindari 6 Jenis Makanan Berikut, Bisa Picu Diare

Mengurangi peradangan jerawat

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-virus dan antiseptik yang efektif membunuh bakteri akibat peradangan jerawat. Tak hanya mengobati, lidah buaya juga membantu mencegah timbulnya bekas jerawat.

Memperlambat proses penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi dapat memperlambat proses penuaan dini. Nutrisi ini bekerja membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Selain itu, kandungan vitamin C, E dan beta karoten efektif mengencangkan kulit, serta membantu kulit tetap terhidrasi dan awet muda. (*)