Berkaca Kejadian di Tahun Lalu, BPBD Pati Ingatkan Daerah Rawan Banjir Perlu Diwaspadai

Pati, Mitrapost.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang bertempat tinggal didaerah rawan banjir perlu mewaspadai.

Hal tersebut dilakukan lantaran berkaca dari kejadian dan peristiwa terjadinya bencana di daerah Kabupaten Pati pada saat tahun 2022 lalu.

Peristiwa ini terbukti disaat bulan Oktober dan November diwilayah Sinomwidodo, Angkatan Lor, Angkatan Kidul, dan Sukolilo mengalami curah hujan yang sangat tinggi hingga mengakibatkan banjir bandang.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya mengaku sudah memprediksi dibulan Januari hingga Februari 2024 hujan akan sama rata diwilayah Kabupaten Pati.

Menurutnya, saat ini dibulan Desember diperkirakan curah hujan masih dalam kategori ringan atau sedang. Sehingga bencana banjir belum sama rata di wilayah Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Hujan Semalam, Sejumlah Wilayah di Kabupaten Kebumen Dilanda Banjir dan Longsor

“Tapi ini kita harus tetap masih waspada, karena sebaran awan hujan itu belum merata. Maka kenapa kemaren daerah di Pati tanggal 5 Oktober dan di 27 November sudah ada banjir bandang, karna memang curah hujannya deras dititik itu. Jadi kita membuat ilustrasi, kita mandi di bawah shower. Dan itu curah hujan deras yang keluar hanya dititik itu aja. Dan itu yang perlu diwaspadai,” jelas dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati