Konsumsi Minuman Berikut untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Mitrapost.com – Sistem kekebalan tubuh merupakan jaringan pertahanan alami tubuh yang terdiri dari sel, jaringan, dan organ yang membantu melindungi tubuh dari bakteri, virus, jamur, dan zat berbahaya lainnya. Sistem kekebalan tubuh juga menyediakan sistem sel yang rumit untuk melawan patogen yang berhasil melalui sel-sel tubuh.

Artinya, memiliki sistem kekebalan tubuh tinggi sangat penting bagi tubuh. Untuk membangunnya, lakukan gaya hidup sehat seperti konsumsi makanan bergizi dan memiliki kulitas tidur yang baik. Minum minuman sehat juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh kita.

Dilansir dari laman Eat This Not That, berikut sejumlah minuman yang tingkatkan sistem imun tubuh.

Air putih

Setiap fungsi tubuh memerlukan air. Selain itu, meminum H20 dalam jumlah yang cukup adalah cara untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap berfungsi. Saat tubuh Anda dehidrasi, hal itu dapat mendorong pertumbuhan bakteri dan virus.

Baca Juga :   Tak Banyak Orang Kenal, Brussels Sporout Memiliki Banyak Khasiat Bagi Kesehatan

Teh hijau

Teh hijau kaya akan polifenol flavonoid yang bermanfaat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker tertentu. Menurut penelitian, teh hijau juga dapat memperkuat kekebalan tubuh melalui antioksidan yang membantu melindungi sel dari stres oksidasi.

Kefir

Kefir adalah minuman fermentasi dari susu domba atau kambing. Minuman ini kaya akan probiotik yang membantu menjaga keseimbangan mikrobiota saluran pencernaan. Sebuah artikel review yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients melaporkan bahwa kefir memberikan antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, serta dapat mempercepat penyembuhan luka.

Teh jahe lemon

Teh jahe lemon kaya akan vitamin C, antioksidan yang dikenal membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Vitamin C juga memberikan sifat anti-inflamasi, sementara jahe memiliki lebih dari 100 senyawa bioaktif yang membantu mengurangi rasa mual, meningkatkan lipid darah, mengurangi peradangan dan sebagainya. (*)

Baca Juga :   Hindari Beberapa Hal yang Bisa Memicu Ketidakseimbangan Hormon Berikut!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati