Bahan Alami untuk Atasi Bekas Jerawat

Mitrapost.com – Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering kali dialami oleh perempuan maupun laki-laki. Setelah jerawat, sering kali kita mengalami masalah baru, yakni bekas jerawat yang membandel.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD) bekas jerawat merupakan bagian dari proses penyembuhan. Meski demikian, bekas jerawat bisa membuat kehilangan kepercayaan diri

Madu

Salah satu bahan yang biasa digunakan untuk mengobati bekas luka adalah madu. Madu juga bisa digunakan untuk mengobati bekas jerawat, serta mengurangi potensi timbulnya jaringan parut pada wajah. Para peneliti menemukan bahwa mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka karena sifat antibakterinya. Bahan ini juga dapat melawan infeksi yang dapat menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

Baca Juga :   Tips Alami Hilangkan Bekas Jerawat Mengganggu

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan obat rumahan yang umum digunakan untuk mengatasi bekas jerawat. Menurut sebuah penelitian di Annals of Plastic Surgery, mengoleskan lidah buaya langsung ke luka dapat mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut.

Lemon

Lemon dianggap sebagai sumber vitamin C yang sangat penting. Asam alfa-hidroksi yang terdapat pada lemon atau jeruk berfungsi membantu memudarkan bekas luka pada kulit. Selain itu, vitamin C membantu membangun sel-sel kulit dan jaringan yang rusak dan asam sitrat yang ada dalam lemon menghilangkan sel-sel mati.