Mitos-mitos Berikut Ini Berisi Nasihat dari Orang Tua Zaman Dulu

Mitrapost.com – Masyarakat Jawa erat kaitannya dengan mitos berdasarkan cerita turun temurun. Meski beberapa dirasa tidak masuk akal, namun sebenarnya mitos-mitos berupa pantangan-pantangan berikut ini sebenarnya mengandung kebaikan berupa nasihat orang zaman dulu.

Jika penasaran dengan apa saja mitos-mitos orang Jawa yang berisi nasihat, simak penjelasan berikut ini.

Makan sambil tidur bisa jadi ular

Memang tidak mungkin manusia bisa berubah menjadi ular. Namun, mitos ini muncul dipercaya sebagai peringatan kepada orang yang memiliki kebiasaan buruk, makan sambil tidur. Pasalnya, kebiasaan makan sambil tidur membuat makanan tidak bisa tercerna dengan baik, hingga akhirnya mengganggu sistem pencernaan. Sehingga, maksudnya jika mengalami sakit perut, orang tersebut akan menggeliat seperti ular.

Pantangan memakai baju hijau di Pantai Selatan

Mitos yang beredar mengatakan bahwa Pantai Selatan adalah tempat kerajaan Nyi Roro Kidul. Dikisahkan, Nyi Roro Kidul tampil dengan menggunakan kebaya dan selendang serba hijau, sehingga orang yang memakai pakaian hijau saat berkunjung ke pantai akan diseret untuk dijadikan dayangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati