Sejumlah Wilayah Pesisir Utara Jawa Terancam Banjir Rob

Mitrapost.com – Sejumlah wilayah di pesisir utara Jawa terancam mengalami banjir rob pada tanggal 26-28 Januari 2024.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng, Eko Yunianto mengatakan bahwa berdasarkan prediksi BMKG, wilayah yang dimaksud diantaranya pesisir Kabupaten Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Demak, Kota Semarang, dan Kota Tegal.

Potensi banjir rob ini merupakan bagian dari bencana hidrometereologi. Gravitasi bulan menjadi salah satu penyebab fenomena rob terjadi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng, Eko Yunianto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan upaya antisipasi sejak bulan November lalu. Yaitu dengan mendirikan posko siaga bencana musim hujan 2023/2024 yang akan diaktifkan hingga Maret 2024.

Baca Juga :   BMKG Rilis Peringatan Dini Potensi Banjir Rob di Pesisir Selatan Jawa

“Kesiapsiagaan kita sudah dilakukan dengan pendirian posko siaga banjir, November 2023 lalu. Dengan adanya prediksi BMKG ini, kita tentu mengingatkan ke teman-teman jajaran PSDA, agar lebih siap. Apalagi puncak musim banjir diperkirakan pada Januari hingga Februari 2024,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati