Tips Mengurangi Risiko Batu Ginjal, Kurangi Asupan Daging dan Perbanyak Minum Air Putih

Mitrapost.com – Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Penyakit ini terbentuk dari senyawa kalsium, oksalat, dan asam urat yang membentuk kristal di ginjal. Kristal tersebut tumbuh lebih besar menjadi ‘batu’.

Menurut Havard Health Publishing, sekitar 80% hingga 85% batu ginjal terbuat dari kalsium. Sisanya adalah batu asam urat yang terbentuk pada orang dengan tingkat pH urin rendah.

Setelah batu terbentuk di ginjal, batu tersebut dapat keluar dan mengalir ke ureter, yakni saluran yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Ini dapat menghalangi aliran urin, hingga mengakibatkan perasaan nyeri yang sangat parah, termasuk nyeri panggul, bahkan disertai darah dalam urin, mual, dan muntah.

Baca Juga :   Minim Penolakan, Warga Pati Antusias Divaksin Covid-19

Saat batu melewati ureter menuju kandung kemih, batu ginjal tersebut dapat menyebabkan sering buang air kecil, tekanan pada kandung kemih, atau nyeri di selangkangan.

Kristal tersebut bisa keluar sendiri, tergantung dari ukurannya. Namun, jika rasa sakitnya menjadi lebih parah, atau kristal terlalu besar, batu ginjal bisa dihancurkan lewat prosedur medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati