Ada Potensi Serangan Siber di Hari Pemungutan Suara, KPU Diminta Siapkan Antisipasi

Mitrapost.com – Serangan siber pada hari pemungutan suara berpotensi terjadi. Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun diminta untuk menyiapkan sejumlah langkah antisipasi.

Pakar keamanan siber Pratama Dahlian Persadha mengatakan bahwa salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memberikan pengetahuan kepada anggota KPPS perihal pengamanan sistem.

“Beberapa antisipasi yang bisa dipersiapkan adalah memberikan pelatihan kepada anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) tidak hanya tentang penggunaan sistem. Namun, juga bagaimana mengamankan diri dari serangan siber karena sering kali mereka dijadikan pintu masuk peretas ke dalam sistem,” ujarnya dilansir dari Kompas.

Langkah lainnya adalah penyiapan sistem cadangan ketika terjadi eror atau kendala di sistem utama.

Baca Juga :   Petuga KPPS di Cilacap Keracunan Massal setelah Bimtek

“Supaya layanan bisa segera dipulihkan dengan sistem cadangan yang ada,” jelasnya.

Langkah pemutakhiran aplikasi guna menutup celah keamanan diharapkan telah dilakukan menggunakan keamanan berlapis (multi-layered security).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati