Niat Salat Tarawih, Ibadah Sunah di Bulan Ramadan

Mitrapost.com – Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Ramadan adalah ibadah salat tarawih di malam hari. Salat tarawih hukumnya sunnah muakkad yang secara khusus diadakan setiap malam bulan Ramadhan, setelah salat Isya.

Sementara itu, dasar hukumnya pernah disebutkan dalam hadis riwayat Urwah ra dari istri Rasulullah SAW, Aisyah ra, “Bahwasanya Rasulullah SAW salat di masjid pada suatu malam, maka orang-orang pun salat (mengikuti) salat beliau. Kemudian beliau shalat pada malam berikutnya, maka orang-orang bertambah banyak. Kemudian mereka berkumpul pada malam ketiga atau keempat. Maka Rasulullah SAW tidak keluar. Ketika (selesai) salat subuh beliau bersabda: ‘Aku telah melihat apa yang kalian perbuat, maka tidak ada yang mencegah aku untuk keluar kepada kalian kecuali karena aku khawatir hal tersebut diwajibkan atas kalian.’ Ia (Urwah) berkata, ‘Peristiwa tersebut terjadi pada bulan Ramadan’,” (HR.Muslim).

Baca Juga :   11 Manfaat Salat Tarawih, Salah Satunya Diampuni Dosa

Berdasarkan hadits tersebut, yang pertama kali melaksanakan salat tarawih adalah Rasulullah SAW. Selain itu, salat Tarawih bisa dilakukan secara berjamaah, maupun sendiri. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang ikut melaksanakan sholat tarawih berjamaah bersama imam sampai selesai maka baginya akan dicatat seperti salat semalam penuh,” (HR. Abu Daud dan Turmudzi).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati