China Bakal Tanam Padi di Kalimantan Tengah

Mitrapost.com – China berencana menerapkan teknologi penanaman padi canggih di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. Hal ini disampaikan oleh Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pria yang kerap disapa Luhut itu mengungkapkan bahwa negara China nantinya akan masuk ke dalam proyek ketahanan pangan Indonesia.

Luhut mengaku rencana tersebut telah dilaporkannya kepada Presiden Joko Widodo.

Hal ini merupakan salah satu isi pembicaraan Luhut dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dalam Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM) di Labuan Bajo, pada Jumat 19 April yang lalu.

“Soal padi, saya sudah lapor pak Presiden. Kita minta mereka (China) memberikan teknologi padi mereka, di mana mereka sukses jadi swasembada. Mereka bersedia. Kita tinggal cari local partnernya untuk membuat di Kalimantan Tengah,” kata Luhut menceritakan pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi di akun Instagram, @luhut.pandjaitan dalam Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM)  , dilihat Senin (22/4/2024).