Kemendag Ungkap Potensi Kelangkaan Gula di Pasaran

Mitrapost.com Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim mengungkapkan persediaan gula dalam negeri tergolong aman menjelang musim giling tebu.

“Sebenarnya, kalau dari sisi stok masih cukup sampai bulan depan. Karena dari stoknya dari 300 (ribu ton) kan. Dari catatan kami, di BUMN dan swasta itu lebih dari 330-an (ribu ton). Artinya cukup untuk 1 bulan. Ketahanan stok itu kan 1,5 bulan, hampir 2 bulan, jadi cukup lah itu stoknya,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Minggu (22/4/2024).

Namun, ia menyampaikan ada potensi kelangkaan ketersediaan stok gula dalam negeri. Isy menegaskan pihaknya sedang menyelidiki penyebab kelangkaan gula.

Tak hanya itu, kenikan harga di pasar global berdampak ke dalam negeri sehingga pasokan gula semakin menipis.

Baca Juga :   Kemendag Tegaskan Stok Sembako Aman Jelang Bulan Ramadhan

Pemerintah harus menaikkan harga acuan pemerintah (HAP) gula sebesar Rp1.500 per kg. Harga tersbeut berlaku sejak 5 April – 31 Mei 2024.

“Ya karena lebih kesulitan memperoleh gula di sana dengan harga yang boleh di Indonesia kan. Harganya kan di luar tinggi,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati