Mitos Ayam Berkokok di Malam Hati, Benarkah Tanda Keberadaan Hantu?

SMJTimes.com – Ada sejumlah mitos yang mengikuti suara ayam berkokok di malam hari. Sebagian orang percaya bahwa ayam berkokok di tengah malam merupakan pertanda mistis, namun sebagian juga percaya bahwa ada keberkahan karena kedatangan malaikat di tempat sekitar.

Lantas, apa saja mitos-mitos yang ada di tengah masyarakat seputar fenomena tersebut? Kami telah merangkum kepercayaan-kepercayaan yang berkembang dan diceritakan secara turun temurun tentang ayam berkokok di tengah malam.

Pertanda hantu lewat

Mitos pertama tentang ayam berkokok di tengah malam adalah kedatangan makhluk gaib berupa jin atau hantu di sekitar. Menurut kepercayaan orang-orang, ayam tersebut akan berkokok diatas jam 22.00 sebagai respon kedatangan makhluk tersebut. Oleh sebab itu, saat mendengar kokokan ayam di tengah malam, dianjurkan untuk melafalkan doa.

Baca Juga :   Mitos-mitos Tentang Hewan yang Masih Dipercaya oleh Orang Jawa

Malaikat datang

Ayam berkokok di malam hari juga dipercaya sebagai penanda adanya malaikat yang datang atau lewat di sekitar. Hal ini didasari kepercayaan bahwa hewan memiliki indra yang lebih sensitif dibandingkan manusia. Sehingga, mereka akan bereaksi saat kedatangan makhluk gaib, termasuk malaikat.

Perempuan hamil di luar nikah

Mitos lainnya adalah adanya perempuan hamil di luar nikah di daerah tersebut. Jika terdengar ayam berkokok dan suaranya keras, itu menunjukkan bahwa ayam tersebut berada dekat dengan tempat tinggal perempuan yang sedang mengandung tanpa suami.

Adanya hewan atau predator lain

Ketika ayam berkokok pada malam hari, hal itu juga bisa menandakan adanya hewan atau predator lain. Predator tersebut bisa jadi berupa ular yang sering memangsa ayam, sehingga ayam itu merasa terancam. (*)

Baca Juga :   Mitos-mitos Tentang Hewan yang Masih Dipercaya oleh Orang Jawa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati