oleh

Dewan Pati Akan Usulkan Alat Pendeteksi Banjir ke Pemkab

Bekasi, Mitrapost.com Berkenaan dengan penanganan dan deteksi dini bencana banjir Komisi D DPRD Kabupaten pati yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Pati, Joni Kurnianto melaksanakan kunjungan ke BPBD Kota Bekasi. Kamis (9/01/20) kemarin.

Joni Kurnianto mengatakan Kota Bekasi merupakan salah satu daerah yang memiliki alat pendeteksi banjir.  Alat tersebut mampu memberi informasi lebih dini jika terjadi peningkatan volume air.

“Di Bekasi ini mempunyai alat canggih yang diletakkan di hulu sungai yang mampu mendeteksi banjir, dan mengirimkan informasi dengan cepat. Teknologi inilah yang kita pelajari,” ujar Joni Kurnianto saat memberi keterangan persnya.

Joni juga menjelaskan bahwa peralatan dengan kisaran harga Rp300 juta itu nantinya akan diprogramkan pengadaannya dan dipasang di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Dana Desa Kabupaten Pati 2021 Rp 426 Miliar

“Nanti akan kita sampaikan ke Bupati atau Pemkab Pati untuk membeli alat pendeteksi tersebut, dan akan dipasang di beberapa titik di wilayah Kabupaten Pati yang rawan terjadinya banjir,” ungkapnya.

Baca juga : Dewan: Tren Bersepeda Bisa Dijadikan Budaya Positif Bagi Warga Pati

Selain itu, rombongan kunker yang juga diikuti BPBD Kabupaten Pati memandang perlu adanya perahu karet di setiap kecamatan, terutama yang daerahnya merupakan wilayah rawan banjir.

“Pengadaan perahu karet di setiap kecamatan ini sangat perlu, mengingat sejumlah wilayah kita kan rawan banjir. Sehingga jika setiap saat dibutuhkan kita bisa cepat tanggap dalam mengevakuasi korban tanpa harus menunggu perahu karet dari BPBD kabupaten.

Baca Juga :   Tidak Ada Ciptaan Tuhan yang Sia-sia, Termasuk Virus Corona

Meski semua sarana nantinya akan dipenuhi pemkab, namun politisi dari Partai Demokrat ini menekankan perlunya ada tindakan tegas dari pemerintah dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir. Salah satunya memberi punishment bagi mereka yang sembarangan membuang sampah.

“Pemerintah harus berani menindak tegas masyarakat yang sembarangan membuang sampah. Selain itu, pemerintah juga perlu membuat drainase di daerah yang tidak memiliki saluran pembuangan air yang memadai,” tandasnya. (Adv/SHT)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral