oleh

Olahraga Sepeda Digandrungi Masyarakat, Pati Kekurangan Venue

Pati, Mitrapost.com Olahraga sepeda saat ini sedang digemari masyarakat Kabupaten Pati. Hampir seluruh lapisan masyarakat menggandrungi olahraga kayuh ini, mulai dari masyakat ekonomi kelas atas, menengah hingga paling bawah. Tak ayal banyak komunitas gowes menjamur di Bumi Mina Tani.

Namun, ternyata Kabupaten Pati belum mempunyai venue olah raga yang memiliki beberapa cabang ini.

“Kira-kira ada tiga disiplin yang saat ini berkembang. Yang pertama itu downhill. Venue-nya itu gunung, itu tanpa rekayasa jadi asli opo anane. Itu turun ke bawah. Berdasarkan survei di Kabupaten Pati ini belum ada gunung yang dapat dipakai,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pati, Suharyono melalui Kepala Seksi Pembinaan Olahraga Prestasi di Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pati, Edy Siswanto, saat ditemui di Ruang Rapat rayung Wulan Setda Kabupaten Pati, Kamis (25/6/2020).

Baca juga: Dewan Pati: Bersepeda juga Harus Physical Distancing

Ketiadaan venue sepada downhill ini, menurutnya, karena ada beberapa unsur yang harus dilengkapi dalam venue sepeda downhill. Selain lintasan yang menantang, unsur keamanan juga menjadi bahan pertimbangan. Sementara di Kabupaten Pati belum ada tempat yang cocok untuk keduanya.

“Di Jolong setahu saya ekstrimnya kurang, safety-nya ada. Di bandingkan dengan Karanganyar, Kudus itu memang mereka punya gunung sendiri untuk dijadikan (venue),” lanjut Edy.

Tidak hanya downhill, cabang olahraga sepeda lain juga tidak mempunyai tempat latihan di Kabupaten Pati, yakni balap sepeda. Menurut Edy, balap sepeda mempunyai dua bentuk, yang pertama velodrome, seperti sepatu roda, dan yang kedua sepada BMX.

“Ini memang belum ada dan memang belum ada peminatnya,” kata Edy.

Praktis Kabupaten Pati hanya mempunyai venue olahraga road bike yang memang mengandalkan lintasan jalan sebagai tempat perlombaannya. “Venuenya jalan raya, pak. Jalan-jalan sudah ditambal dari Pak Sekda,” pungkasnya. (*)

Baca juga: 

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Komentar

Berita Terkait