oleh

Dewan Pati Harap Pengenaan Sanksi Warga Tak Bermasker, Tekan Penularan Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati berharap pemberlakuan sanksi bagi warga yang tidak menggunakan masker dapat menekan angka penularan virus corona di Kabupaten Pati.

“Kami berharap dengan adanya sanksi ini bisa lebih menekan angka penularan Covid-19 di Kabupaten Pati ini,” ujar anggota DPRD Kabupaten Pati, Narso kepada Mitrapost.com, Kamis (16/7/2020).

BPKAD Pati

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Pati pada pekan ini telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 49 tahun 2020. Dalam peraturan ini Bupati Kabupaten Pati, Haryanto akan memberikan sanksi sosial bagi warga yang membandel tidak mengenakan masker.

Baca juga : Sanksi Warga Tak Pakai Masker, Dewan Pati: Langkah Pendisiplinan

Sanksi sosial ini berupa bersih-bersih jalan, seperti menyapu atau memungut sampah di tempat umum.

Sanksi ini juga langkah Pemkab Pati agar warga lebih disiplin mengunakan masker. Sebelum ada Perbub ini Pemkab Pati sudah mewajibkan warganya untuk menggunakan masker di tempat umum. Namun, banyak masyakat yang tidak mengunakan masker meski ada kewajiban yang berlaku sejak beberapa bulan yang lalu.

Menurut Narso pemberlakukan sanksi dapat mendidik warga agar patuh dengan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Salah satunya memakai masker.

“Ketika sanksi lebih ke arah mendidik, tidak membaratkan tapi memberikan efek jera,” tutur Narso. (Adv/UH/DF/SHT)

Baca juga : 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, instagram, dan twitter

Redaktur : Dwifa Okta

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait