Dari Besekan Jadi Tumpengan, Sedekah Bumi di Desa Growong Kidul Lebih Sakral

Pati, Mitrapost.com Upacara adat sedekah bumi Desa Growong Kidul Kecamatan Juwana yang biasa dilaksanakan dengan acara besekan bagi kepala desa setempat, tahun ini diubah dengan tumpengan. Meskipun beda cara, namun keduanya sama-sama sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Hal ini bertujuan untuk mengangkat tradisi upacara sedekah bumi agar menjadi lebih sakral,” ungkap Bambang Tiyas Wanto, Kepala Desa Growong Kidul saat diwawancara pada Sabtu (18/7/2020).

Prosesi tumpengan dalam upacara sedekah bumi baru kali ini dilakukan. Bahkan tahun ini, pelaksanaannya juga sangat sederhana tanpa ada keramaian karena dalam kondisi covid-19.

“Untuk upacara tumpengan kita gelar di tiga  punden yaitu di Punden Mbah Blorong, Punden Mbah Dipo Kusumo dan Punden Mbah Subro. Kita laksanakan secara sederhana agar terhindar dari kerumanan banyak orang,” imbuhnya.

Baca Juga :   Semarak Pertunjukan Kesenian Barongan dan Ketoprak Meriahkan Sedekah Bumi Desa Kedumulyo

Baca juga: Sedekah laut di Desa Bajomulyo untuk Nguri-uri Budaya Jawa, Kades : Semoga Corona Hilang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar