Maksimalkan PAD Pati, BPKAD Pasang Alat Monitoring Pajak Daerah

Pati, Mitrapost.com – Untuk memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Pati pasang monitoring transaksi pajak daerah online ke 38  pelaku usaha wajib pajak di Kabupaten Pati.

Melalui alat bernama tapping box, secara otomatis transaksi penjualan dan pajak akan termonitor secara online. Perangkat yang dipasang di wajib pajak ini digunakan sebagai pembanding terhadap laporan omset yang dilaporkan secara online oleh wajib pajak.

Tapping box akan mengirimkan data transaksi penjualan (dan pajaknya) ke server BPKAD Kabupaten Pati sehingga dapat dijadikan data pembanding dari laporan SPTPD (Surat Pemberitahuan Pajak Daerah) bulanan.

“Untuk menaikkan PAD di new normal ini, mulai hari Senin tanggal 13 sampai 28 Juli kita memasang alat monitoring untuk transaksi pajak daerah. Bentuknya tapping box. Nanti dipasang komputer servernya pelaku usaha. Jadi setiap dia transaksi nanti akan dicatat oleh mesin. Kita bisa melihat,” kata Kabid (Kepala Bidang) Pendapatan BPKAD Kabupaten Pati, Prapto Suseno kepada Mitrapost.com, beberapa waktu yang lalu.