Adab Saat Mendengar Orang Bersin dalam Islam

Mitrapost.com Bersin adalah salah satu nikmat dari Allah yang mungkin tidak disadari oleh kebanyakan orang. Bersin merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan virus atau bakteri yang bisa memicu gangguang kesehatan. Oleh sebab itu, dalam agama Islam kita dianjurkan untuk menutup mulut saat bersin dan mengucapkan doa setelahnya.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam sebuah dari Abu Hurairah

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا عَطَسَ غَطَّى وَجْهَهُ بِيَدِهِ أَوْ بِثَوْبِهِ وَغَضَّ بِهَا صَوْتَهُ.

“Bahwasanya apabila Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersin, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menutup wajah dengan tangan atau kainnya sambil merendahkan suaranya.” [HR. Ahmad II/439, al-Hakim IV/264, Abu Dawud no. 5029, at-Tirmidzi no. 2746. Lihat Shahih at-Tirmidzi II/355 no. 2205]

Baca Juga :   Meminta Ketenangan Hati Kepada Yang Kuasa, Baca Doa Ini

Adab saat bersin dalam Islam

Melansir Almanhaj, saat bersin hendaknya merendahkan suara saat sedang bersin dan tidak mengeraskan suara bersin. Selain itu, juga lebih baik menahan diri untuk tidak menolehkan leher ke kanan maupun ke kiri karena dapat memicu cedera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati