Video : Komunitas Kesengsemlasem dan Upaya Peduli Kelestarian Budaya

Rembang, Mitrapost.com – Dimulai pada Februari 2016, sekelompok pemuda beragam latar belakang memutuskan mendirikan laman Kesengsemlasem.com. Yakni sebuah komunitas yang bergerak untuk menjaga kelestarian warisan benda dan non benda di Lasem, Rembang.

“Bikin Kesengsemlasem itu ide bersama, mas. Namanya diceletukan oleh Ellen Kusuma, semangatnya dari kawan-kawan Lasem dan berbagai kota mulai dari peneliti, jurnalis, fotografer, wisatawan dll. Rame-rame,” jelas Agni Malagina salah seorang pendiri Kesengsemlasem.

Agni mengaku, komunitasnya berdiri dari ketidaksengajaan. “Kenapa bikin Kesengsemlasem, jawaban lucunya sebenarnya karena stok foto dari banyak fotografer itu banyak banget, stok data pun berlimpah.  Dan kenapa Lasem karena saya juga riset di sana.”

Selain itu dorongan seperti semangat kepedulian atas peninggalan sejarah dan budaya menjadi misi tersendiri bagi komunitas ini.

Baca Juga :   Komunitas Kesengsemlasem dan Upaya Peduli Kelestarian Budaya

“Alasan lain, kami ingin menyebarkan semangat kepedulian pada kemanusiaan, bangunan tua, dan pelestarian aset budaya di Lasem seluas mungkin.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati